Merasakan Sensasi Menjadi Mahasiswa Lewat Kelas Online TMM

Kegiatan - 09 Maret 2021 - 12:00 AM

Sabtu pagi yang cerah tidak menghalangi siswa-siswi SMA se-derajat untuk mengikuti Kelas Online Teknik Material dan Metalurgi (TMM) yang bertajuk Air Crash Identification: Peran Teknik Material dan Metalurgi Sebagai ‘Agen FBI’ . Salah satu rangkaian kegiatan ITK Virtual Expo 2021 ini memberikan pengalaman kepada siswa-siswi SMA se-derajat untuk merasakan duduk di bangku perkuliahan. 

Berlatar belakang dari kasus kecelakaan pesawat yang terjadi akhir-akhir ini, Fikan Mubarok Rohimsyah S.T, M.Sc., selaku dosen TMM sekalgus narasumber kelas online mengangkat peran material scientist dalam identifikasi kegagalan yang terjadi selayaknya detektif. Kegagalan yang terjadi dapat disimulasikan melalui perangkat lunak yang dapat menggambarkan secara nyata tabrakan yang terjadi (crash).

Tapi tidak hanya itu, secara riil material scientist juga memiliki peran dalam perkembangan teknologi materialnya. Material pesawat diharapkan seringan mungkin agar bisa terbang. Sebagian besar logam aluminium yang dipakai sekarang telah digantikan dengan komposit yang memiliki kekuatan tinggi namun ringan. 

Tak hanya pesawat, Kelas Online pagi ini juga membahas seputar Teknik Material dan Metalurgi, seperti mengenal Teknik Material dan Metalurgi lebih jauh lagi dengan berbagai funfact yang menarik, juga membahas bidang minat atau fokusan ilmu yang ditujukan kepada para mahasiswa yang ada dalam Teknik Material dan Metalurgi, secara garis besar yaitu Desain dan Permodelan, Manufaktur Material, Material Inovatif, dan Analisis Kegagalan dan Pencegahan.

Kegiatan yang dipandun oleh dua mahasiswa TMM, yaitu Shessa Sendouw dan Muh Arun, telah berlangsung dengan menyenangkan. Kegiatan ice breaking ‘Sambung Kalimat - Kata’ hingga pembagian hadiah untuk peserta menambaha semangat 47 peserta pada pagi hari ini.