Himpunan Mahasiwa TMM ITK Menyelenggarakan MMETalks

Kegiatan - 14 Mei 2022 - 12:00 AM

Teknik Material dan Metalurgi (TMM) bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi (HIMATMM) menyelenggarakan MMETalks No. 1: Yuk Mengenal 3D Printing dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Ammar Farhan Rayudi. Ammar merupakan salah satu alumni TMM yang sukses menjadi wirausahawan di bidang jasa prototyping dengan 3D Printer. 

Kegiatan berseri pertama ini kami buka dengan memberikan wawasan tentang teknologi manufaktur yang sedang berkembang saat ini, yaitu 3D Printer. 3D Printer merupakan salah satu jenis additive manufacturing, dimana produk 3D dibuat dengan "menambahkan" lapisan demi lapisan secara akurat sesuai dengan desainnya. Teknologi ini membutuhkan bantuan komputer, 3D Modelling Softwaer (Computer Aided Design, CAD). Cocok sekali untuk memproduksi barang yang didesain khusus. Menurut Ammar, keuntungan utama pada penggunaan 3D Printer adalah tidak terjadi perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lain yang dapat mengurangi ongkos distribusi. Material logam, plastik, dan beton merupakan jenis material yang selama ini telah bisa diproses dengan menggunakan 3D Printer. Tidak menutup kemungkinan bahwa jenis material lain juga dapat diaplikasikan. 

Acara yang berlangsung pada Rabu, 26 Agustus 2020 lalu berlangsung cukup meriah walaupun dilakukan secara virtual (zoom meeting) dan live streaming melalui kanal youtube Teknik Material dan Metalurgi ITK. Tidak hanya memberikan materi, tapi ada kuis yang diikuti oleh para peserta. Berbagai macam hadiah pun diberikan untuk menambah keceriaan hari itu baik bagi pemenang kuis maupun penanya. Bagi para pemenang hadiah, selamat! Nantikan MMETalks No. 2 selanjutnya! Sampai jumpa.