Launching Program Magang MBKM, TMM ITK Adakan Kerjasama dengan PT Davidi International

Kegiatan - 18 Desember 2020 - 12:00 AM

Teknik Material dan Metalurgi Insitut Teknologi Kalimantan (TMM ITK) meluncurkan Program Magang Industri. Program ini mendukung kebijakan pemerintah, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang telah disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim di awal tahun 2020. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih komprehensif terkait bidang ilmu material dan metalurgi dengan mengambil permasalahan riil di industri. Menariknya, Program Magang Industri ini dapat menggantikan 20 hingga 40 sks mata kuliah tanpa masuk ke dalam kelas.

Oleh karena itu, TMM ITK menginisiasi kerjasama dengan PT Davidi International melalui kegiatan Penandatanganan MoU pada Senin, 7 Desember 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Platinum Balikpapan ini, dihadiri langsung oleh Rektor ITK, Prof. Budi Santosa, M.S., Ph.D, Wakil Rektor Bidang Akademik ITK, Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D., dan Direktur PT Davidi International, Billy M. Tewu.  

Di dalam pidato pembukaannya, Rektor ITK berharap kerjasama ini mampu memberikan sinergi antara ilmu pengetahuan dan kompetensi praktis di lapangan yang selama ini belum terjalin. Direktur Billy juga menyampaikan bahwa inovasi-inovasi mahasiswa yang dipelajari di bangku kuliah dapat diimplemetasikan langsung di dunia industri. Beliau juga menyampaikan bahwa di dunia yang semakin kompetitif ini, lulusan perguruan tinggi dituntut untuk memiliki inisiatif, inovatif, dan kreatif dalam mengatasi permasalahan yang ada. Sehingga, kemampuan ini sangat penting dilatih sejak dini (masa perkuliahan) untuk menghasilkan generasi muda yang unggul.

Kegiatan ini juga dilaksanakan secara daring melalui zoom dan live streaming youtube yang diikuti oleh mahasiswa TMM. Semoga adanya MoU kerjasama dengan PT Davidi International di bidang akademik dan penelitian, mahasiswa TMM semakin bersemangat menempuh perkuliahan dan mengikuti Program Magang Industri MBKM ini. (gut)