Pelatihan Solidworks oleh HIMA TMM ITK

Kegiatan - 14 Mei 2022 - 12:00 AM

T

  1. eknik Material dan Metalurgi (TMM) bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi (HIMA TMM) Institut Teknoogi Kalimantan (ITK) menyelenggarakan Pelatihan Solidworks, kegiatan melatih peserta menggunakan perangkat lunak desain dan simulasi. Bekerja sama dengan PT. Arisma Data Setia (ADS), sebagai penyedia layanan pelatihan, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15–18 September 2020. Walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19, pelatihan yang diikuti oleh 20 peserta dari mahasiswa TMM berjalan lancar dan sukses melalui media daring zoom meeting.

Dengan pelatih yang berkompeten dan “menyenangkan” dalam membawakan materi, pelatihan yang dilaksanakan setiap harinya selama tiga jam, tidak terasa memberatkan dan membosankan. Mula-mula, peserta dikenalkan dengan dasar-dasar 3D part, sketching dimension, dan relation pada hari pertama.

Masih dengan semangat yang sama, peserta melanjutkan pelatihan dihari kedua dengan materi 3D feature, configuration basic design and design table, dan editing feature and sketch. Peserta juga diberi materi tentang cara merakit bagian-bagian (parts) agar menjadi sebuah produk yang utuh. Di hari terakhir, materi yang tidak kalah penting adalah peserta diajarkan untuk menggambar 2D. Kemampuan-kemampuan dasar inilah yang penting untuk dimiliki bagi lulusan TMM.

Yang lebih menariknya, peserta diwajibkan membuat sebuah desain produk sebagai luaran dari pelatihan. Setiap harinya, peserta akan membuat bagian (part) dari produk yang akan dibuat serta memilih material yang akan digunakan. Dihari terakhir, peserta merakit (assembly) part yang telah dibuat dan dianimasikan. Sebagai penutup, peserta membuat desain 2D untuk laporan gambar teknik. Seru bukan?

Menurut Arie, Kepala Divisi Keprofesian HIMA TMM, semua peserta memperlihatkan antusiasme yang tinggi dengan aktif mengajukan pertanyaan hingga mengerjakan tugas dengan hasil yang memuaskan. "Hal ini juga dapat dilihat dari pendafataran yang langsung memenuhi kuota dalam waktu 16 menit saja," tambahnya. Pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari ini ditutup dengan pemberian hadiah dan sertifikat kepada peserta teraktif dan peserta terbaik, yaitu Choliq Hidayah dan Muhammad Gunawan Darma. Smeoga kegiata ini bermanfaat. Sampai jumpa di pelatihan selanjutnya!