Program Studi

Teknik Material dan Metalurgi

Teknik Material dan Metalurgi adalah cabang ilmu multi disiplin menggabungkan ilmu dasar seperti kimia, fisika, dan biologi yang dapat dikembangkan secara aplikatif di berbagai bidang seperti mesin, bangunan, kelistrikan, transportasi, medis, dan proses reaksi kimia. Hal ini yang menjadikan ilmu material dan metalurgi memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi saat ini. Teknik Material dan Metalurgi mempelajari bagaimana suatu proses rekayasa dalam menghasilkan produk/material sesuai dengan sifat yang diinginkan. Perlu upaya untuk terus memperbaiki kualitas suatu produk/material (berbahan dasar logam, polimer, keramik, dan komposit) sehingga dapat menghasilkan terobosan material baru. Kualitas sangat dipengaruhi oleh sifat material. Sifat material berubah didasari oleh perbedaan struktur di dalamnya. Oleh karena itu, Teknik Material dan Metalurgi mendalami hubungan antara proses, struktur, sifat, dan performansi material.

Info lanjut

Bidang minat

Bermacam fokusan ilmu yang ditujukan kepada para mahasiswa program studi Teknik Material dan Metalurgi

Desain dan Permodelan

Dalam merancang sebuah komponen, penting bagi engineer untuk melakukan prediksi/simulasi terkait besar tegangan, distribusi panas, atau aspek lain yang diterima oleh komponen dengan menggunakan perangkat lunak seperti AutoCAD/..

Manufaktur Material

Manufaktur material mempelajari proses pembuatan barang setengah jadi menjadi bahan jadi baik dari bahan dasar logam, polimer, maupun keramik. Beberapa contoh manufaktur adalah pengecoran, pengelasan, machining, dll

Material Inovatif

Penting bagi engineer material untuk menciptakan material baru untuk memperbaiki kualitas produk yang sudah ada. Seorang engineer material memiliki kemampuan menganalisis sifat material sehingga material tersebut dapat diaplikasika..

Analisis Kegagalan dan Pencegahan

Kegagalan material akibat korosi/ degradasi material dan pembebanan yang tidak sesuai merupakan permasalahan yang banyak terjadi di dunia industri. Perlu kemampuan khusus bagi engineer material untuk menganalisis akar permasalahan ..

Bidang Minat

Bermacam fokusan ilmu yang ditujukan kepada para mahasiswa program studi Teknik Material dan Metalurgi

Apa kata mereka ?

Belajar di jurusan Teknik Material dan Metalurgi akan membuat kamu merasa spesial. Kenapa? Pertama, jurusan ini langka sekali di Indonesia karena cuma ada kurang dari 10 perguruan tinggi yang menyediakannya. Kedua, karena teknologi material selalu berkembang sesuai dengan zaman, jurusan ini gak bakal mati gaya kalau kamu ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus. Terakhir, prospek kerja lulusannya juga luas sekali mulai dari industri pengolahan logam dan manufaktur, pertambangan, industri migas, akademisi sampai bidang pemerintahan. Pokoknya dijamin gak akan rugi deh masuk jurusan ini.

Magister Student of Saga University, Japan

Material metalurgi itu unik. Karena banyak hal yang bisa  dipelajari disini. Mulai dari sifat dan struktur dari sebuah material. Sampai gimana caranya merekayasa material untuk mencapai sifat yang kita inginkan. There is no engineering without material.  Kuliah di ITK? Sangat cocok untuk orang yang memiliki impian dan ambisi yang besar. Kreatifitas dan inovasi selalu dituntut disini. Sebuah kebanggaan bisa menuntut ilmu dan berkontribusi untuk membangun kampus perjuangan ini. Salam SPECTA!

Product Development Engineer PT. Komatsu Remanufacturing Asia

Data Teknik Material dan Metalurgi

Jumlah data dalam angka statistik terkait program studi Teknik Material dan Metalurgi.

Data Umum

Bidang Minat

4

Dosen

9

Mahasiswa

300

Lulusan

0

Data Keketatan

SNMPTN

44%

SBMPTN

28%

Mandiri

0%

UTBK

526.99